Membuat Denah Rumah Sendiri

Rabu, 05 Agustus 2015, Kategori: Rumah - Dibaca: 612 kali

Tata letak dalam sebuah bangunan atau lazimnya disebut denah merupakan gambar yang utama dalam rancang bangun dan desain perumahan. Fungsi, dimensi serta komposisi sebuah ruangan dalam suatu desain adalah hal dasar yang dilakukan dalam tahapan preliminary design. Pada tahapan inilah keinginan pemilik rumah dengan imajinasi desainer bertemu, berkolaborasi membentuk model bangunan yang terbaik. Komunikasi dua arah menjadi sangat penting untuk dilakukan agar tidak terjadi gap informasi atau misinterpretasi diantara kedua belah pihak. Pada kenyataanya, arsitek ataupun desainer sering "memaksakan" kehendaknya agar klien menuruti semua ide kreatif, atau rancangan yang telah dibuatnya. Dilain pihak, Owner atau pemilik lebih banyak komplain setelah bangunan rumah sudah dalam tahapan pelaksanaan. Karena ruanganya sempitlah, tidak cocokah, dan berbagai macam alasan lainya. Ini tentu akan menyulitkan pihak kontraktor pelaksana pembangunan rumah tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk pemilik rumah yang akan membuat rancangan denah

  1. Buatlah daftar kebutuhan ruangan yang diperlukan. Misalnya, berapa jumlah kamar tidur, kamar mandi, dapur, maupun ukuranya jika diperlukan.
  2. Buatlah komposisi sederhana yang anda inginkan di rumah anda. Misalnya, di depan ada kamar tidur tamu dan kamar mandi, dapur dibelakang dijadikan satu dengan ruang makan, atau ada taman dibelakang, dan sebagainya.
  3. Buatlah daftar penghuni atau rencana jumlah orang yang menempatinya.
  4. Jangan meniru denah rumah orang lain, atau lihat di brosur promosi perumahan karena setiap rumah itu unik, tergantung dari pemiliknya. Strata sosial, budaya, kondisi ekonomi, jumlah anggota keluarga tentunya berbeda satu sama lainya.
  5. Jadikan desainer, arsitek atau konsultan sebagai partner anda. Komunikasi dua arah harus bisa terjalin dengan baik. Jika anda merasa diawal tidak komunikatif, sebainya anda mencari saja desainer lainya.


Rumah adalah investasi masa depan. Jangan pernah salah dalam merencanakan. Satu kesalahan di awal, ratusan bahkan jutaan biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan.
Jadi selamat membuat denah.